Saturday, 28 May 2016

Google Alerts - Kopi Papua, Papua Mart

Kopi Papua
Pembaruan mingguan 28 Mei 2016
BERITA
Republika Online
"Mau kopi Bali atau Papua?," tanyanya kepada seorang pengunjung yang lebih memilih kopi Papua. Selain dua jenis kopi tersebut, kopi Enrekang ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
WEB
Kopi Papua Wamena (Isi Bubuk)
Jenis kopi Arabika Papua Wamena ini tumbuh di lembah Baliem daerah pegunungan Jayawijaya Mamena. Yang menarik adalah pertumbuhan dari ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
Papua Mart, Memperluas Distribusi Kopi Dari Pegunungan
Papua Mart, lanjutnya menjual hasil produksi sendiri dari hasil pertanian dari Wamena, terutama kopi. Selain itu Papua Mart juga menjual sembilan ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
Cari Kopi Papua Wamena di Jogja?
Papua pulau paling barat dari Indonesia juga memiliki biji kopi yang eksotis, dengan rasa dan aroma yang khas, Papua Wamena single origin coffee ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan 

Sunday, 22 May 2016

Papua Mart, Memperluas Distribusi Kopi Dari Pegunungan

Salah satu gerai Papua Mart di Kota Sentani,
Kabupaten Jayapura – Jubi/Yance Wenda
Sentani, Jubi – Papua Mart saat ini adalah salah satu usaha dari Orang Asli Papua (OAP) yang baru berjalan satu tahun. Bisnis mini market ini diharapkan hadir di kota-kota lainnya di Papua.

Yoberce Nisaf, Manajer Papua Mart, Minggu (21/5/2016) mengatakan tujuan bisnis ini kedepan adalah mengajak semakin banyak OAP yang ingin belajar bisnis bergabung agar bisa bangkit dalam bidang bisnis.

“Tidak hanya satu Papua Mart saja. Kami akan membangun Papua Mart di Waena, Abe, Entrop dan Jayapura. Di beberapa kabupaten sudah ada seperti di Manokwari dan Wamena. Di Jakarta dan Yogyakarta juga sudah ada,” jelas Yoberce kepada Jubi di Sentani.

Papua Mart, lanjutnya menjual hasil produksi sendiri dari hasil pertanian dari Wamena, terutama kopi. Selain itu Papua Mart juga menjual sembilan bahan pokok.

Selain mini market, Papua Mart memiliki sebuah cafe yang bernama Banana Life Coffee.

“Banana Life Coffee ini bagian dari Papua Mart yang ke dua. Letaknya di depan pertigaan Jalan Pos 7. Kami sediakan wi-fi gratis jadi boleh di nikmati sepuas-puasnya tanpa bayar,” ujar Yoberce berpromosi.

Salah satu pengunjung Papua Mart, Simson Wanimbo mengatakan ia bangga karena Papua Mart merupakan salah satu kemajuan bagi orang Papua.

“Ini menjadi satu motivasi kepada kami orang Papua untuk majukan Tanah Papua ini dalam bidang usaha. Ekonomi juga perlu kita tingkatkan,” kata Wanimbo.

Hak yang sama juga di sampaikan oleh pengunjung lainnya, Hermanus Hilapok kepada Jubi.

“Kami punya hasil kopi ini mau di kemanakan?  Setelah ikut pameran di Jakarta dan Kopi Baliem Arabika jadi terkenal harus ada tempat seperti Papua Mart untuk memasarkan produk kopi ini,” kata Hilapok. (*)

Tuesday, 10 May 2016

Berjualan di Tokopedia.com Tidak Sulit, Saya sudah buktikan

Saya sedikit menyampaikan catatan kepada sekalian kita bahwa ternyata berjualan di TokoPedia.com tidak sesulit yang pernah saya bayangkan sebelumnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Koperasi Baliem Arabica tahun 2013, saya Jhon Yonathan Kwano mulai bertugas di Kota Gudeg Yogyakarta, dengan tugas utama mempromosikan Kopi Papua kepada pebisnis dan penikmat Kopi di Indonesia.

Yang terpikir pertama-tama jelas Toko Online, karena kami sadar dari kekurangan yang kami miliki bahwa promosi secara offline akan mengalami kendala. Terus-terang saya harus akui bahwa iklim bagi orang Papua untuk berbisnis di Tanah Jawa masih belum kondusif. Salah satu contoh saja, pada tahun 2012 kami pernah meminta Surat Izin Kontrak dengan maksud berjualan Kopi Papua di Jakarta Selatan, dan pernah datang ke Kantor Walikota Jakarta Selatan mintakan Surat Izin, tetapi mereka menolak. Alasan utamanya, "Kalian datang kesini cari makan, jangan datang mencuri rejeki orang di Jakarta". Kami pernah menyimpulkan,
"Kok orang Jawa datang ke Papua mencuri rejeki orang Papua dianggap halal, tetapi kalau orang Papua datang ke Jawa membawa produk Papua sendiri kok dianggap haram ya?"
sampai-sampai kami pernah berpikir untuk pulang ke Tanah Papua dan usir semua pedagan asal Jawa dengan alasan mencuri rejeki orang Papua.

Tetapi tentu saja itu tidak akan pernah terjadi. Wong kami bukan orang pemerintah, wong kekuatan kami sekuat apa?

 Setahun kemudian kami buka di Yogyakarta. Kali ini tidak ada penolakan. Walaupun banyak "intel" dikirim, maksudnya intel untuk caritahu apakah kami mau dagang mencuri rejeki orang Jawa atau tidak. Untung sekali kami punya tuan kost yang lebih paham, sudah berpendidikan sehingga dia membela kami dan menyuruh kami boleh buka counter penjualan Kopi Papua di tempat kostnya. Dia menyambut kami dengan gembira.

Dari sini kami buka counter distribusi Kopi Papua sekaligus Toko Online untuk mempromosikan Kopi Papua. Kami jelas-jelas tidak melakukan promosi offline, karena kami mengantisipasi agar tidak didemo gara-gara dituduh merampas atau mencuri rejeki di Tanah/ Negeri Orang. Saya beli buku, beli program, cari di Internet informasi tentang Toko Online. Dari pengetahuan NOL tentang Internet dan Toko Online, akhirnya pergi ke Ramai Mall di Yogyakarta mencaritahu orang yang bisa bantu belikan namadomain dan menghost situs web kami.

Kami mendapatkan bantuan, dan domain papuamart.com dibelikan.

Begitu waktu berjalan, saya memang pernah terpikir untuk berjualan di tokopedia.com tetapi waktu itu saya punya alasan untuk menolaknya:

  1. Pertama, buka tokonya pasti sulit
  2. Proses jual-belinya meragukan karena banyak kasus penipuan di Indonesia
  3. Proses pencairan pasti akan mengalami kendala
  4. Waktu itu saya belum punya nomor rekening bank manapun. Maklum dari kampung disuruh terjun ke lautan usaha di pulau Jawa.
Tetapi ternyata semua anggapan ini salah. Ternyata cara membuka Toko Online di Tokopedia tidaklah sulit. Ternyata sistem pembayaran terjamin aman, dan sampai hari ini kami belum mengalami kasus penipuan.

Memang betul kami belum membeli produk di tokopedia.com tetapi kami menjadi penjual produk Kopi Papua dan Buah Merah Papua. Kami akan beli produk yang dijual di tokopedia dan akan memulis artikel lagi tentang kemudahan berbelanja di tokopedia. 

untuk sekarang sekian dulu, bersama saya, Jhon Yonathan Kwano, PAPUAmart.com for KSU Baliem Arbaica