Wednesday, 27 January 2016

Terobosan Baru PAPUAmart.com: Kerjasama dengan KiosOn.com untuk Tanah Papua

PAPUAmart.com hadir sejak tahun 2013 di D.I. Yogyakarta dengan tujuan utama untuk menghadirkan produk khas Tanah Papua kepada konsumen di seluruh dunia dan memfasilitasi para produsen dan pengrajin di Tanah Papua.

Dalam Halaman "Tentang PAPUAmart.com" disebutkan bahwa PAPUAmart.com ialah:

  • Pasar Online artinya siapa saja dapat datang kePAPUAmart.com untuk menjual atau membeli secara Online;
  • Pasar Offline berarti siapa saja dapat datang kePAPUAmart.com untuk menjual atau membeli secarae Offline;
  • Pasar Barter maksudnya siapa saja dapat datang ke PAPUAmart.com untuk menukar-belikan atau menukar-jualkan atau menukar produk yang dimilikinya secara Online ataupun Offline;
  • Produk spesialti artinya produk yang memiliki ciri khas asal-usul produk yang jelas, sekaligus memiliki arti budaya lokal di mana produk tersebut dibuat. Contohnya Kopi Arabika Papua sebagai produk Kopi Spesialti Papua dan Gudeg sebagai makanan spesialti Yogyakarta.
 Dalam penjelasan "Tentang KiosOn.com" dijelaskan sebagai berikut:
PT Kioson Komersial Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis penjualan online yang menggandeng para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, khususnya yang berada di kota-kota lapis kedua di seluruh Indonesia, sebagai mitra dengan produk layanan E-Commerce Kioson. Kioson merupakan perusahaan E-Commerce pertama di Indonesia yang melibatkan pedagang UMKM melalui sistem belanja online yang aman dan menguntungkan dengan menyediakan perangkat tablet sebagai sarana bertransaksi.
Herannya, pertengahan 2015 toko Online PAPUAmart.com yang dibentuk tahun 2015 meluncurkan Toko Offline-nya, yaitu minimarket PAPUAmart.com di Jalan Raya Sentani, Jayapura, Papua, dan pada waktu yang bersamaan KiosOn.com diluncurkan di Jakarta. Jadi selain visi dan tujuan pendirian kedua usaha ini sama, keduanya juga diluncurkan pada waktu / bulan dan tahun yang sama.

Dari situs KiosOn.com disebutkan
Tagline “Semua Bisa Online” menggambarkan sistem kerja Kioson yang berelasi dengan semua pihak, baik supplier, retailer maupun pelanggan untuk dapat melakukan transaksi secara online.
Inilah sebuah sistem Toko Online dan Toko Offline seperti yang diimpikan perintais Toko Online Papua, Jhon Yonathan Kwano sejak tahun 2013, yaitu sejak Kwano diangkat oleh KSU Baliem Arbaica untuk menjadi Manager Marketing & Sales KSU Baliem Arabica.

Pada tanggal 27 January 2016 telah dilakukan sebuah perintisan usaha, yaitu pembelian paket 10 Outlet untuk pengembangan KiosOn.com di Tanah Papua bekerjasama dengan PAPUAmart.com sebagai minimarket dan Kios KKLingkar.com.

Mulai hari ini pula telah secara resmi PAPUAmart.com menjadi pemain dalam pengembangan kantor-kantor cabang dan titik-titik distribusi/ outlet penjualan KiosOn.com di Tanah Papua.

Menurut Jhon Kwano,
Mimpi saya tahun 2013 untuk membawa produk Papua terbang tinggi, melampaui semua kendala dan rintangan isolasi geografis, kekurangan fasilitas transportasi dan komunikasi kini sudah semakin jelas terwujud. Kita tidak perlu tunggu Joko Widodo memulai dan menyelesaikan pembangunan Rel Kereta Api di Tanah Papua untuk menyatakan isolasi telah dibuka di Provinsi Papua dan Papua Barat. Dengan produk KiosOn.com ini, kini isolasi itu telah terbuka. Sispapun dari kampung dan hutan di Papua, sudah dapat langsung membeli produk dari luar Tanah Papua, dan juga dapat secara langsung menjual produknya sendiri kepada pembeli di seluruh dunia.

Tuesday, 12 January 2016

PAPUAmart.com dan BaliemBlueCoffee.com di Tokopedia.com dan Bukalapak.com

KSU Baliem Arabica lewat Unit Marketing & Sales (PAPUAmart.com) pada tahun 2016 ini meluncurkan situs-situs di Marketplace yang ada di Indonesia, yaitu pertama-tama di bukalapak.com dan kemudian di tokopedia.com

  1. www.bukalapak.com/bbcoffee/
  2. www.bukalapak.com/papuamart/
  3. www.tokopedia.com/kopipapua/
  4. www.tokopedia.com/bbcoffee/
  5. www.tokopedia.com/papuamart/
Pada bulan Februari 2016 ke atas akan diluncurkan pula di situs marketplace Online lainnya yang ada di Indonesia.

Peluncuran untuk target Pasar ASEAN akan dirintis pada tahun 2017. Menurut Jhon Yonathan Kwano sebagai Manager Marketing & Sales bahwa penjualan ke pasar ASEAN harus dibarengi dengan investasi dan pengembangan kopi Papua yang cukup untuk mensuplai ke pasar ASEAN.

Menurut Kwano,
KSU Baliem Arabica perlu lakukan extensifikasi dan diversifikasi produksi kopi, dan juga lahan produksi, karena MEA menuntut dan bahkan memaksa koperasi untuk harus bergerak cepat di tahun ini, dan paling lambat tahun depan untuk menghilangkan berbagai macam alasan seperti lampu mati, Internet tidak bisa nyambung, isolasi tidak bisa tembus dan sejenisnya. Pasar MEA tidak perduli dengan itu. Kita harus pacu.

Mudah-mudahan roh dan semangat ini disambut oleh seluruh jaringan produksi dan bisnis Kopi Papua yang ada saat ini, yaitu di Wamena, Jayapura, Manokwari, Jakarta dan Yogyakarta.

Sunday, 10 January 2016

Toko Online di Indonesia Masih Harus Mengatasi Masalah: Trust Antara Penjual dan Pembeli

Dalam salah satu artikel saya atau catatan saya di Facebook.com, saya, Jhon Yonathan Kwano, pernah mengatakan bahwa kndala terbesar yang dihadapi orang Papua dalam menjalankan toko Online ialah karena Orang Papua tidak percaya, atau belum berani percaya kepada penjualan-penjualan di Toko Online.

Sejak akhir tahun 2013 saya mulai pindah ke pulau Jawa dan memulai sebuah Toko Online bernama PAPUAmart.com. Dalam perjalanan waktu hingga tahun 2016 ini, saya mendapati bahwa sebenarnya tingkat kepercayaan antara penjual dan pembeli Online itu berimbang. Masih ada gap "trust" antara penjual dan pembeli Online.

Selama berjualan secara Online baru saya temukan, bahwa banyak calon pembeli tidak percaya kalau saya yang punya Toko Online adalah benar-benar manusia, dan benar-benar ada di alamat yang saya tulis di situs Toko Online saya. Jangankan saya suruh calon pembeli percaya saya adalah orang Papua, keberadaan saya sebagai penjual nyata-pun masih diragukan. Kebanyakan calon pembeli mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah ke kunjungan langsung secara fisik ke Kantor Pusat PAPUAmart.com

Ada satu perusahaan Kopi terbesar di Jakarta Pusat malah mau datang ke gudang saya di Jakarta Selatan. Walaupun saya sudah datang ke kantornya, dia masih mau datang ke gudang saya.

Pada saat orang epsan, tiba-tiba saya juga mendapati diri bertanya kepada diri sendiri, "Apakah ini benar-benar orang jujur? Apakah benar-benar mereka akan bayar kopi ini?" dan pertanyaan sejenis. Sebagai tanggapannya saya selalu meminta calon pembeli untuk mengirimkan uang terlebih dahulu sebelum saya kirimkan barang. Kalau pesanannya dalam jumlah 100 kg ke atas maka saya biasanya minta dibayarkan 50% dulu baru saya akan kirim barangnya.

Dengan jalan keluar begini-pun, masih saja ada orang yang menanyakan kepada saya berkali-kali, "Apakah kopi akan dikirim? Kapan? Hari atau jam berapa? dan pertanyaan agak lucu lainnya yang pada intinya mau membantu diri mereka meyakini bahwa kopinya akan dikirim.

Interaksi seperti saya gambarkan di sini bertujuan untuk menunjukkan bahwa tingkat prosentasi "trust" antara pebisnis dan konsumen Toko Online di Indonesia masih harus menunggu beberapa tahun atau beberapa proses lagi utnuk akhirnya tiba kepada tingkatan hubungan yang sewajarnya dan sepatutnya.

Saya, Jhon Yonathan Kwano hanya kuatir, dalam era Pasar ASEAN yang telah dimulai Desember 2015 ini akan berakibat kekalahan di pihak kita di Indonesia, karena kebanyakan orang akan lebih percaya kepada pembeli dan penjual non-Indonesia daripada percaya kepada orang penjual dan pembeli orang Indonesia sendiri.

Saya selalu mengutip apa yang pernah dikatakan mas Gito, "Di Indonesia ini, Malaikat-pun dicurigai." Hanya kalau tingkat "trust" antara pembeli dan penjual di Indonesia bertumbuh, maka kita bertepuk dada untuk menyatakan siap bersaing di pasar tingkat manapun.

Tantangan buat saya sebagai pengusaha Toko Online pertama dari Tanah Papua ialah membangun dan memelihara trust dari para pembeli di mana saja Anda berada. Untuk membangun rasa saling percaya itu, kami mendekatkan diri keapda para konsumen di seluruh Indonesia. Untuk itu, pada saat ini kami sudah memiliki Unit Penjualan Kopi Papua di alamat dan tempat sebagai berikut

  1. Kantor Pusat PAPUAmart.com di Jl. Bedreg No. 39, RT/RW: 08/41, Sambilegi, Maguwoharjo, DEPOK 55282, Sleman, D.I. Yogyakarta
  2. Minimarket PAPUAmart.com di Jayapura: Jl. Raya Sentani - Abepura, Hawai, No. 05 Sentani Kota Kabupaten Jayapura 99352 Provinsi Papua
  3. PAPUAmart.com Jakarta Jl. Muhammad Kahfi 1, Gg, Nila No. 75 Kel. Ciganjur Kec. Jagakarsa Jakarta Selatan SMS: 0856-9135-0287 (Mas Gito) dan 
  4. PAPUAmart.com Jakarta Jl. Muhammad Kahfi 1. Gang Ciremai, RT. 01/04 No. 7 Kel. Cipedak Kec. Jagakarsa Jakarta Sekatan SMS: 0822-1018-3000 (Mas John)
  5. PAPUAmart.com Manokwari: Jl. Poros Manokwari - Sorong, Kampung Mantedi, Distrik Masni, Manokwari, Papua Barat.
Dengan demikian siapapun boleh datang berkunjung dan kami lebih mengutamakan para konsumen yang telah kami kenal secara fisik/ pribadi.

Sunday, 3 January 2016

Komitmen Kami Kopi Papua Standard Export (Grade A) untuk Konsumsi di Indonesia

Dalam mengulas semua perjalanan dan perombakan besar-besaran yang telah terjadi dalam bisnis Kopi Papua pada tahun 2015 telah dibahas beberapa cerita sukses KSU Baliem Arabica tahun 2015. Pertama dan terutama ialah perubahan menejemen bisnis Kopi Papua dengan pembentukan PAPUAmart.com sebagai Unit Sales dan Marketing yang terpisah dan berfokus utama memasarkan dan menjual Produk Spesialti Papua, terutama Kopi Papua dan Buah Merah Papua.

Kedua ialah pendirian minimarket PAPUAmart.com di Jalan Raya Sentani, Hawai No. 05, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua sebagai minimarket 24-Jam pertama di Tanah Papua, yang dimiliki 100% oleh Orang Asli Papua, tanpa pinjaman, atau hibah dari siapapun juga tetapi murni dari hasil penjualan Kopi Papua sejak tahun 2007 - 2015.

Ketiga, bahwa di akhir tahun 2015 telah dimulai pendirian minimarket PAPUAmart.com di Wamena, sebagai pusat kota di Pegunungan Tengah Tanah Papua.

Keempat, bahwa telah dibuka Gudang Penyimpanan Kopi Biji Hijau Wamena Arabica Single Origin di DKI Jakarta per tanggal 1 Desember 2015, bertempat di Ciganjur, dekat Rumah Alm. Abdurrahman Wahid.

Kemajuan keenam yang tidak boleh dilupakan ialah magang Calon Barista Papua di Jakarta Coffee House, Jalan Cipeta Raya No. 02, di mana selama pertengahan Desember 2015 sampai pertengahan Januari 2016 ada dua putra-putir Papua yang saat ini sedang magang di sini belajar untuk menjadi Barista di Tanah Papua.

Jhon Yonathan Kwano sebagai petugas yang diberikan taunggungjawab sebagai Direktur Papua Mart atau dalam organisasi Koperasi disebut Unit Sals & Marketing KBA, menyatakan beberapa hal penting sebagai garis kebijakan PAPUAmart.com sebagai Toko Online Pertama dari Tanah Papua dan sebagai minimarket Pertama milik OAP di Tanah Papua bahwa
  1. Semua Kopi Green Beans Wamena Single Origin yang didistribusikan oleh PAPUAmart.com ke seluruh pelanggan di Indonesia ialah Green Beans Grade A (Standard Export), dengan Ready Stock F.O.B Jayapura, F.O.B Yogyakarta dan F.O.B Jakarta;
  2. Semua pelanggan Kopi Papua yang lama akan dikunjungi satu per satu oleh Jhon Yonathan Kwano untuk terus menjalin hubungan secara langsung antara produsen dan pelanggan Kopi Papua di seluruh Indonesia pada tahun 2016 ini.
  3. Akan dikembangkan Toko Online ke me Marketplace lain yang ada di Indonesia, seperti bukalapak.com dan tokopedia.com sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dan akan merombak situs Toko Online Pertama dari Tanah Papua: PAPUAmart.com ke format yang berbeda.
  4. Telah diuncurkan layanan selain penjualan Kopi secara Online, yaitu dengan mempersembahkan penjualan Tiket dan Pulsa lewat papua.click dan tiketpapua.com. Kedua situs ini telah dirancang di akhir tahun 2015 bekerjasama dengan perusahaan pencarian tiket dan penjualan tiket terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara sehingga memudahkan orang Papua untuk membeli Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api dan menyewa Mobil dari bandara ke tempat penginapan, dan bahkan dapat dibantu untuk memesan tempat penginapan di manapun di seluruh Indonesia.
  5. Selaina penjualan Kopi dan Tiket, PAPUAmart.com juga telah meluncurkan situs Online untuk BuahMerahWamena.com dan bisnis Buah Merah Papua.
Masih menurut Kwano,
Kami bertugas menyelenggarakan kegiatan bisnis berbasis lokal, tetapi berorientasi global. Itu visi/misi kami. Kami dipaksa oleh perubahan regional MEA dan perubahan global, di mana Presiden Joko Widodo sebagai pengusha sedang memacu kita semua untuk bergerak cepat,merombak cara kita melihat diri kita, melihat dunia kita dan melihat makhluk lain, dan dengan perspektif baru ini kita maju bersaing di pasar ASEAN. 
Kami tidak punya waktu berbasa-basi, duduk berkomentar dan mengkritik. Kami sudah ada di dalam lautan lepas, dan kami harus berusaha berenang menepi. Itu kenyataan yang harus kita hadapi. Karena itulah, PAPUAmart.com sebagai ujung tombak atau icon promosi dan penjualan produk spesialti Papua berupaya keras di tahun 2016 ini membangun pusat promosi produk unggulan Papua di Jakarta.
Dengan basis titik penjualan dan peluncuran situs-situs Toko Online dan penjualan tiket dan pulsa serta PPOB secara Online, maka semua jaringan PAPUAmart.com di seluruh dunia dapat melakukan jual-beli tiket, jual-beli pulsa, dan jual-beli tagihan-tagihan telepoin, listrik, game, dan sebagainya secara Online langsung dari tempat di mana agen PAPUAmart.com berada, di kampung, di hutan, di kota, di dalam negeri, di luar negeri.

Kwano melanjutnya
Ini bukan zamannya orang Papua duduk mencari-tahu kambing-hitam sebagai penyebab keterbelakangan, keterisolasian dan ketertinggalan orang Papua dan wilayah Papua. Ini saatnya OAP sendiri maju dan bergerak. Kita tidak punya juruselamat dari mana-mana datang selamatkan ekonomi orang Papua, tanpa orang Papua sendiri bangkit untuk mandiri, juruselamat ekonomi Papua tidak akan pernah ada.Ini soal perut, soal hidup-mati, semua orang ada dibuk urus perut masing-masing. 
Pasar MEA merupakan peluang besar bagi OAP dan Tanah Papua untuk melibatkan diri dan mengambil keuntungan sebesar-besarnya. PAPUAmart.com sudah melihatnya, dan PAPUAmart.com sudah mengambil langkah-langkah awal dalam rangka memanfaatkan peluang-peluang dimaksud.
Diharapkan tahun 2016 ini menjadi tonggak bersejarah lanjutan dari tahun 2015, dengan berdirinya layanan distribusi dan penjualan Produk Spesialti Papua secara meluas dan mengglobal lewat PAPUAmart Group.