Wednesday, 27 January 2016

Terobosan Baru PAPUAmart.com: Kerjasama dengan KiosOn.com untuk Tanah Papua

PAPUAmart.com hadir sejak tahun 2013 di D.I. Yogyakarta dengan tujuan utama untuk menghadirkan produk khas Tanah Papua kepada konsumen di seluruh dunia dan memfasilitasi para produsen dan pengrajin di Tanah Papua.

Dalam Halaman "Tentang PAPUAmart.com" disebutkan bahwa PAPUAmart.com ialah:

  • Pasar Online artinya siapa saja dapat datang kePAPUAmart.com untuk menjual atau membeli secara Online;
  • Pasar Offline berarti siapa saja dapat datang kePAPUAmart.com untuk menjual atau membeli secarae Offline;
  • Pasar Barter maksudnya siapa saja dapat datang ke PAPUAmart.com untuk menukar-belikan atau menukar-jualkan atau menukar produk yang dimilikinya secara Online ataupun Offline;
  • Produk spesialti artinya produk yang memiliki ciri khas asal-usul produk yang jelas, sekaligus memiliki arti budaya lokal di mana produk tersebut dibuat. Contohnya Kopi Arabika Papua sebagai produk Kopi Spesialti Papua dan Gudeg sebagai makanan spesialti Yogyakarta.
 Dalam penjelasan "Tentang KiosOn.com" dijelaskan sebagai berikut:
PT Kioson Komersial Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis penjualan online yang menggandeng para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, khususnya yang berada di kota-kota lapis kedua di seluruh Indonesia, sebagai mitra dengan produk layanan E-Commerce Kioson. Kioson merupakan perusahaan E-Commerce pertama di Indonesia yang melibatkan pedagang UMKM melalui sistem belanja online yang aman dan menguntungkan dengan menyediakan perangkat tablet sebagai sarana bertransaksi.
Herannya, pertengahan 2015 toko Online PAPUAmart.com yang dibentuk tahun 2015 meluncurkan Toko Offline-nya, yaitu minimarket PAPUAmart.com di Jalan Raya Sentani, Jayapura, Papua, dan pada waktu yang bersamaan KiosOn.com diluncurkan di Jakarta. Jadi selain visi dan tujuan pendirian kedua usaha ini sama, keduanya juga diluncurkan pada waktu / bulan dan tahun yang sama.

Dari situs KiosOn.com disebutkan
Tagline “Semua Bisa Online” menggambarkan sistem kerja Kioson yang berelasi dengan semua pihak, baik supplier, retailer maupun pelanggan untuk dapat melakukan transaksi secara online.
Inilah sebuah sistem Toko Online dan Toko Offline seperti yang diimpikan perintais Toko Online Papua, Jhon Yonathan Kwano sejak tahun 2013, yaitu sejak Kwano diangkat oleh KSU Baliem Arbaica untuk menjadi Manager Marketing & Sales KSU Baliem Arabica.

Pada tanggal 27 January 2016 telah dilakukan sebuah perintisan usaha, yaitu pembelian paket 10 Outlet untuk pengembangan KiosOn.com di Tanah Papua bekerjasama dengan PAPUAmart.com sebagai minimarket dan Kios KKLingkar.com.

Mulai hari ini pula telah secara resmi PAPUAmart.com menjadi pemain dalam pengembangan kantor-kantor cabang dan titik-titik distribusi/ outlet penjualan KiosOn.com di Tanah Papua.

Menurut Jhon Kwano,
Mimpi saya tahun 2013 untuk membawa produk Papua terbang tinggi, melampaui semua kendala dan rintangan isolasi geografis, kekurangan fasilitas transportasi dan komunikasi kini sudah semakin jelas terwujud. Kita tidak perlu tunggu Joko Widodo memulai dan menyelesaikan pembangunan Rel Kereta Api di Tanah Papua untuk menyatakan isolasi telah dibuka di Provinsi Papua dan Papua Barat. Dengan produk KiosOn.com ini, kini isolasi itu telah terbuka. Sispapun dari kampung dan hutan di Papua, sudah dapat langsung membeli produk dari luar Tanah Papua, dan juga dapat secara langsung menjual produknya sendiri kepada pembeli di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment