Saturday, 28 November 2015

PAPUAmart.com Jakarta untuk Penjualan Kopi dan Buah Merah Papua telah Dibuka

Dengan ini diberitahukan kepada seluruh jaringan KSU Baliem Arabica bahwa PAPUAmart.com Jakarta untuk Penjualan Kopi dan Buah Merah Papua telah Dibuka dan mulai beroperasi pada tanggal 28 November 2015.

Setelah menjalankan kegiatan bisnis Kopi Papua di luar Tanah Papua di Kota Jogjakarta, tepatnya di Maguwoharjo, Depok, Sleman, maka pada akhir tahun ini kami buka Distributor Kopi Papua di Jakarta.

Untuk pertanyaan, pemesanan dan sebagainya, silahkan hubungi Mas Gito, dengan alamat sbb.:

PAPUAmart.com Jakarta
Jl. Muhammad Kahfi 1
Gg, Nila No. 75
Kel. Ciganjur
Kec. Jagakarsa
Jakarta Selatan
SMS: 0856-9135-0287 (Mas Gito)

atau
Jl. Muhammad Kahfi 1.
Gang Ciremai, RT. 01/04 No. 7
Kel. Cipedak
Kec. Jagakarsa
Jakarta Sekatan
SMS: 0822-1018-3000 (Mas John)

Anda juga masih dapat menghubungi alamat dan nomor kontak yang ada di Jayapura maupun di Yogyakarta.

Jhon Yonathan Kwano sebagai petugas yang menjalankan tugas pembukaan titik distribusi PAPUAmart.com di Jakarta mengatakan
Apa yang saya lakukan haru ini memang kelihatannya masih tidak menjanjikan, tetapi saya tahu, lima sampai sepuluh tahun mendatang akan terbukti bahwa apa yang kami lakukan saat ini berarti dan sangat penting. Bisnis Kopi Papua, dan bisnis dari Tanah Papua untuk pasar di Indonesia memang harus memiliki kangot penghubung atau titik distribusi di Jakarta, karena dari sinilah semua jalur komunikasi dan transportassi telah dibangun selama ini, dan Jakarta merupakan pusat kegiatan di Indonesia.
Jhon Kwano selanjutnya menyatakan bahwa Kopi Papua dan Buah Merah Papua menjadi produk unggulan Tanah Papua dan akan tersedia dan dengan mudah diperoleh di Jakarta mulai Januari 2016 mendatang.

Dalam jangka panjang, terkait dengan fungsi PAPUAmart.com sebagai Toko Offline bergandengan dengan Kios-Kios KKLingkar.com yang akan dibangun di seluruh Tanah Papua, maka tidak menutup kemungkinan PAPUAmart.com sebagai toko Offline menjadi minimarket sekaligus menjadi grosir untuk Tanah Papua. Untuk itu perwakilan di Jakarta sangat penting dalam rangka supply barang Sembako dan Gourment dari Pulau Jawa ke Tanah Papua.
Pada saat ini KSU Baliem Arabica dan PAPUAmart.com membutuhkan fasilitas dan dorongan dari Pemerintah Provinsi Papua karena kami ada di sini mewakili wajah Papua, bukan wajah Kopi, bukan wajah Baliem Arabica.
Kalau saja Gubernur dan Bupati serta Walikota yang ada di Tanah Papua punya hati untuk menampilkan dirinya terhormat dan presentable di pentas bisnis di Indonesia,maka usaha-usaha para petani Kopi seperti ini sudah lama didukung oleh mereka. Tetapi selama ini mereka sibuk urus Konrak Karya dengan Freeport, Pemilihan Umum di daerah, memenuhi janji politik, membayar hutang dukungan saat kampanye, dan sebagainya,
Jadi yang menjadi korban ialah inisiatif dan langkah-langkah seperti yang kami lakukan ini sulit mendapatkan perhatian, jangankan pinjaman, 
 demikian kata Jhon Yonathan Kwano sebagai petugas yang dikirim ke Jakarta untuk mendirikan distributor Kopi Papua dan Buah Merah Papua di Jakarta. Jhon Kwano melanjutkan
Kami sebagai pengusaha tidak pernah mengharapkan bantuan. Kami bukan yayasan atau organisasi masa sehingga mengharapkan bantuan dari siappun tidak. Yang kami butuh hanyalah fasilitas dan pinjaman dari pemerintah yang ada di Tanah Papua. Pinjaman lunak, KUR ataupun pinjaman yang diperuntukkan untuk Koperasi di Indonesia, yang dieruntukkan buat usaha-usaha seperti yang kami lakukan tidak pernah diberikan.  Ini sangat kami sesalkan. Tetapi kami tidak duduk mengomel menyesali perilaku pejabat pemerintah di Provinsi Papua. Tuhan maha melihat! Dia pasti menyalurkan berkat-Nya tepat pada waktu-Nya.

Saturday, 14 November 2015

Penyesuaian Harga Lampu dan Charger Solar Terkait Perubahan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar



Daftar Harga barang setelah penyesuaian
Kami beritahukan kepada seluruh konsumen di seluruh Tanah Papua, bahwa terkait dengan perubahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, maka telah terjadi penyesuaian harga dari semua produk yang dijual oleh Light 4 All Indoensia.

Pada tanggal 14 November 2014 kami lakukan pembelian sesuai pesanan dari Wamena dan dalam pada itu diberitahukan perubahan harga yang telah terjadi.

Daftar Harga untuk End-Users
Walaupun ada niat luhur dan mulia untuk membantu masyarakat kita di kampung, pelosok dan hutan utnuk memiliki perangkat keras yang bisa membantu kita memiliki lampu dan senter di malam hari, dan bisa menge-charge battery dari Hand Phone semua jenis yang ada di dunia ini, kami harus akui bahwa niat baik itu tidak dikenal oleh pasar. Yang pasar kenal ialah rumus "supply and demand" dan pada saat itu terjadi harga juga ikut mengalami naik turun. Selain supply and demand, biaya produksi sering menjadi sumber penyebab perubahan harga. Tidak hanya itu, karena perdagangan yang terjadi sekarang sudah antar-negara, maka perubahan harga juga sering dipicu oleh perubahan nilai tukar lokal terhadap dolar Amerika Serikat.

Selain penyesuaian harga karena tiga alasan di atas, perubahan harga juga sering terjadi seiring perubahan seri produk dari model yang sama. Kita semua tahu bahwa setiap produk yang ada di dunia saat ini pasti berubah seri-nya setiap 1.5 tahun atau setiap 18 bulan. Kalau tidak ada perubahan maka dianggap sebagai sebuah produk yang sakit, yang bakalan masuk opname. Produk yang sehat selalu berubah seri bahkan model setiap 28 bulan. Kita sering mendegar penjual produk mengatakan "Model itu sudah tidak diproduksi lagi! Ini model barunya, tapi lebih mahal dikit!"

Daftar Harga barang setelah penyesuaian
dengan gambar produknya

Hal ini terjadi terhadap produk yang paling disukai oleh para pembeli di Wamena pada umumnya, yaitu d.Light300. Akan tetapi pembeli di Wamena masih mengharapkan produk d.Light300 dimaksud hadir, walaupun sudah terjadi modifikasi model and perubahan harga.

Produk Light 4 All Indonesia dijual dengan harga yang telah dipatok oleh Light for All Indonesia, tidak ada perubahan harga yang dapat dilakukan oleh PAPUAmart.com, demikian yang disebutkan dalam Kontrak Karya antara kedua belah pihak yang telah berlangsung 2 September 2015 lalu.

Diharapkan dengan praktek pematokan harga seperti ini tidak merugikan pembeli, dan juga tidak membangkrutkan PAPUAmart.com sebagai penjual produk kepada "end-users".

Friday, 13 November 2015

10 Pieces SunKing Pro 20 dari Light For All Indonesia di-Supply oleh PAPUAmart.com untuk Wamena

Setelah pembelian maka barang siap dipaketkan untuk dikirim
Berdasarkan permintaan dari calon Kios KKLingkar.com di Wamena, maka pada hari ini telah dilakukan pembelian 10 pieces Lampur dan Charger Battery HP model SunKing Pro20 yang dijual oleh Ling 4 All Indonesia di PTC Entrop Jayapura.

Abolok Kano dari KSU Baliem Arabica pada hari ini telah mengunjungi Kantor Pusat Light For All dan membelanjakan sebanyak 10 buah untuk dijual kembali di Wamena.

Pembelian ini ialah untuk ketiga kalinya, karena penjualan dua kali masing-masing 5 unit telah terjadi dalam bulan Oktober 2015 lalu.

Dengan animo masyarakat yang begitu tinggi, maka PAPUAmart.com lewat Kios KKLingkar.com nantinya akan melakukan supply dalam jumlah ratusan bahkan bisa terjadi dalam jumlah ribuan, tergantung modal yang tersedia.

Jhon Yonathan Kwano, Direktur PAPUAmart.com mengatakan setelah pendandatanganan kerjasama antara Light 4 All Indonesia dengan PAPUAMart.com pada 2 September 2015 lalu maka saat ini PAPUAmart.com sepatutnya memperkenalkan lampu dan charger berbasis Sinar Matahari kepada seluruh petani kopi di seluruh pegunungan Tengah Papua.

PAPUAmart.com tidak hanya bekerjasama dengan Light for All Indonesia, untuk bidang kesehatan, PAPUAmart.com bekerjasama dengan BANANA Leaf Cafe untuk produksi Buah Tawy Papua dan Unicity International untuk produk suplemen kesehatan.

Kontrak Kerja PAPUAmart.com dengan Light3All Indonesia telah DIlakukan di Jayapura

Kontrak Karya PAPUAmart.com dengan Light For All Idnoensia
Tepat pada 2 September 2015, bertempat di Kantor Pusat Light For All Indonesia, beralamat di Jalan Raya Abepura No. 32, RT 32 RW 008 Entrop, Jayapura (dekat di PTC Entrop Jayapura), dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara PAPUAmart.com dengan Light For All Indonesia dalam rangka penjualan Lampu dan Senter serta Charger Battery berbasis tenaga Surya, atau Solar Light, Solar Charger dan Solar Battery.

Semua produk akan di-supply oleh Light For All Indonesia lewat PAPUAmart.com dan Kios KKLingkar.com dan tersedia di seluruh Tanah Papua dan dapat dipesan secara Online ataupun Offline.

Penandatanganan ini disakiskan oleh Penasehat KSU Baliem Arabica Pdt. Ki'marek Karoba Tawy dan salah satu petani Kopi yang berkesempatan langsung membeli produk pertama dari Light for All Indonesia, Obok Kugi Karoba.

Dalam sambutannya Direktur Light for All Mr. Jaap M van der Werf menyatakan harga yang telah dipatok oleh Light For All tidak boleh dirubah dalam penjualan yang dilakukan oleh PAPUAmart.com karena tujuan utama pengadaan lampu dan charger berbasis solar ialah untuk menerangi masyarakat Papua yang ada di berbagai wilayah di pelosok kampung, dusun dan hutan sehingga semua orang berkesempatan punya cahaya lampu pada malam hari. Oleh karena itu dalam Kontrak Karya telah ditulis dan dicetak dengan tebal harga penjualan sesuai yang telah dipatok oleh Light for All sehingga tidak terjadi pembengkakakn harga oleh PAPUAmart.com atau oleh agen manapun dalam jaringan KSU Baliem Arabica.

Karena KSU Baliem Arabica didirikan oleh para petani kopi, dan kios KKLingkar.com serta PAPUAmart.com ialah milik para petani Kopi maka pengadaan Lampu berbasis solar ini tepat sebagai jawaban atas pergumulan Koperasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anggotanya yang semuanya masih tinggal di pelosok, kampung, dusun dan bahkan hutan kopi mereka di pegunungan Tengah Papua.

Kontrak Karya ini ditandatangani bersama oleh  Mr. Jaap M van der Werf  mewakili Light for All Indoensia dan Jhon Yonathan Kwano mewakili PAPUAmart.com

Semoga peristiwa ini menjadi sebuah even bersejarah dalam kisah hidup orang Papua dan khususnya para petani kopi di berbagai tempat di seluruh Tanah Papua, dari Sorong sampai Samarai.

Monday, 9 November 2015

PAPUAmart.com Telah Memiliki Pengurus Resmi berdasarkan SK Pengurus KSU Baliem Arabica

Segenap Crew PAPUAmart.com dan KKLingkar.com yang saat ini berada di Kabupaten dan Kota Jayapura mengucapkan terimakasih kepada Ketua Koperasi Baliem Arabica, Ev. Selion Karoba, S.Th., atas perjuangannya sehingga telah diresmikan PAPUAmart.com sebagai sebuah minimarket pertama di Tanah Papua, milik murni para Petani Kopi Papua, tanpa hibah, tanpa pinjaman apapun, didirikan dengan modal sendiri.

Kini pada bulan November 2015 pengurus yang selama ini bekerja untuk PAPUAmart.com dari awal sampai akhir mengucapkan terumakasih kepada Pengurus Pusat Koperasi Baliem Arabica atas Surat Keputusan Ketua Koperasi Bailem Arabica Nomor 1310/KBA/SK/X/15 Tentang Pembentukan Unit Usaha dan Pengangkatan Pengurus Unit Usaha Koperasi di mana di dalamnya dengan lengkap disebutkan nama Direktur Utama, Direktur Pelaksana, Manager dari minimarket dan Kios KaKa Lingkar.

Surat Keputusan ini dilampirkan dengan uraian tugas dan tanggungjawab masing-masing pengurus yang diangkat untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

Dengan pemberian Surat Keputusan ini, maka Pengurus Kantor Cabang KSU Baliem Arabica, minimarket PAPUAmart.com dan Kios KKLingkar.com akan bekerja secara optimal mulai Desember 2015, dengan mengurus SITU dan SIUP serta mengupayakan berbagai kelengkapan administrasi organisasi Koperasi maupun bisnis yang dijalankan oleh Koperasi.

Perubahan-perubahan ini telah dilakukan Koperasi dalam rangka meningkatkan kinerja bisnis Kopi di Tanah Papua dan mengembangkan Sistem Ekonomi Kerakyatan ala Papua yang diusung oleh KSU Baliem Arabica.

Kiranya Tuhan pencipta Tanah dan Manusia Papua, pemelihara dan pelindung ktia semua, memampukan semua pengurus sehingga berupaya seoptimal mungkin dalam menjalankan kegiatan bisnis di Tanah Papua untuk mendatangkan keuntungasn sebesar-besarnya bagi anggota koperasi.

Tanggal 7 November 2014, Tak Disadari Minimarket PAPUAmart.com Berusia 4 Bulan Penuh

Minimarket Pertama dari KSU Baliem Arabica bernama PAPUAmart.com, yang didirikan pertengahan tahun 2015, menyusul peluncuran PAPUAmart.com sebagai Situs Online Pertama dari Tanah Papua tahun 2013 lalu perlu diberitahukan kepada kita semua bahwa pada tanggal 7 November 2015, minimarket PAPUAmart.com di Jalan Raya Sentani - Abepura, Hawai Ruko No. 05, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua telah genap berusia 4 bulan.

Dari sisi bisnis memang masih banyak kendala dari sisi tenaga yang dipekerjakan mengingat anak-anak Papua yang dipekerjakan dengan disiplin kerja yang tinggi, konsentrasi kerja dan jadwal kerja yang padat menjadi tantangan terbesar karena para generasi pemuda selama ini terbiasa dengan kondisi hidup yang santani, tak mengenal waktu jam berapa dan berapa lama dalam menjalani kesibukan sehari-harinya.

Dari sisi bisnis, jaringan ke Sales dan supplier sudah semakin mantap. Yang perlu dilakukan hanyalah pembelian produk dalam jumlah lebih banyak sehingga kita memiliki stok yang cukup manakala terjadi kehabisan.

Perlu dipikrkan Gudang untuk penampungan barang sebelum di-display di minimarket.

Terkait dengan pengoperasian Kios KKLingkar.com di Kompleks Peternakan Kampung Harapan Sentani Timur dan Jalan Internasional Festival Danau Sentani Kalkhote Sentani Timur, maka tentu saja menjadi tantangan yang memaksa kita semua harus berpacu dalam waktu dan kesempatan yang tersedia.

Dari Crew PAPUAmart.com kami ucapkan selamat bekerja dan melayani masyarakat Papua, 24-jam sehari, 6.5 hari seminggu, karena kami tutup Hari Minggu Pagi hingga Petang.