Friday, 24 July 2015

PAPUAmart.com dan BANANALeafCafe.biz bagaikan Pasangan Suami - Isteri

Ya, benar, Antara PAPUAmart.com dan BANANALeafCafe.biz tidak sekedar bagaikan kakak-beradik seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, tetapi lebih cocok disebut sebagai Suami-Isteri. PAPUAmart.com bagaikan suami, dan BANANALeafCafe.biz seperti seorang isteri. Dengan memberikan julukan kepada keduanya, kita sudah punya bayangan apa saja peran dan fungsi masing-masing pihak, dipasangkan dengan peran dan fungsi suami-isteri. Khususnya kami maksudkan di sini peran dan fungsi suami dan isteri sesuai dengan tradisi dan adat orang Papua.

Peran dan fungsi sebagai pelindung, pensuplai, pengolah, penikmat dan penerus dimainkan secara serasi antara PAPUAmart.com dan BANANALeafCafe.biz. Tidak ada BANANALeafCafe.biz tanpa dipicu PAPUAmart.com dan PAPUAmart.com  berdiri untuk melindungi dan menghasilkan keuntungan bagi Cafe.

BANANALeafCafe.biz mengolah makanan dan minuman yang dibutuhkan PAPUAmart.com dan menyediakan produk dari KSU Baliem Arabica lewat jalur PAPUAmart.com kepada publik di manapun Anda berada.

Keduanya dinikahkan dan menjadi suami-isteri oleh ayah dan ibu mereka bernama KSU Baliem Arabica, yang sepenuhnya dimiliki oleh petani Kopi di Pegunungan Tengah Tanah Papua.

Setelah Koperasi Baliem Arabica berdiri sejak 2007, maka Koperasi ini telah menjadi pengekspor Produk Unggulan Tanah Papua pertama dengan memecahkan rekor mengekspor Kopi Arabika Wamena ke Pasar Internasional tahun 2010.

Disusul sukses besar inilah, maka pada tahun 2013 telah didirikan embryo dari PAPUAmart.com di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kemudian disusul oleh embryo BANANALeafCafe.biz yang didirikan pada tahun lalu (2014) di tempat Depok, Sleman, Yogyakarta pula.

Pertengahan tahun 2015 ini, kedua embroyo kini menetaskan telurnya dan sekarang artikel ini ditulis dari Perkantoran 1 Atap PAPUAmart group di Jalan Raya Sentani, Hawai No. 05, Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

BANANALeafCafe.biz kini berpusat di Jalan Khalkote, Kampung Harapan, Kecamatan Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsip Papua, sementara minimarket PAPUAmart.com terletak di Kantor PAPUA mart group.

Kami mengundang Anda sekalian datang dan kunjungi PAPUAmart.com dan BANANALeafCafe.biz.

Di minimarket ini Anda dapat membeli banyak hal, tidak hanya Sembako, antara lain seperti pakaian, kopi Papua, Minya Buah Merah, buku Papua dan noken, gelang Papua. Demikian juga di Cafe Anda dapat membeli semua produk spesialti Papua, kecuali Sembako. Cafe menjual Kopi dalam bentuk siap minum, maupun siap oleh (dalam bungkusan).

Friday, 17 July 2015

PAPUAmart.com dan BANANALEAFCAFE.biz bagaikan Kakak Beradik Putra-Putri Asli Papua

PAPUAmart.com sebagai minimarket milik Petani Kopi Papua, kini bergandengan tangan dengan BANANALeafCafe.biz dalam rangka revolusi bisnis Papua, membangkitkan semangat entrepreneurship yang telah lama tinggal sebagai mayat. Benar kata Lukas Enembe dan Kelemen Tinal, Papua bukannya mengejar ketertinggalan, bukan meminta makan atau minum, tetapi Papua harus bangkit terlebih dahulu sebelum minta makan dan minta minum, sebelum menjadi sejahtera.

Kebangkitan entrepreneurship Papua telah kita awali sejak Koperasi Baliem Arabica berdiri pada tahun 2007 lalu, dan kemudian disusul ekspor perdana Kopi Papua hasil produksi Petani Kopi Papua pada tahun 2010.

Ekspor Kopi Papua disusul dengan pemikiran memasarkan kopi Papua di seluruh Indonesia pada tahun 2013, dan pada tahun 2015 KSU Baliem Arabica kembali berpikir untuk menjual Kopi Papua di Tanah Papua sendiri.

Tempat penjualan Kopi Papua itulah yang kita sebut dengan PAPUAmart.com  dan BANANALeafCafe.biz. PAPUAmart hadir dalam bentuk Pasar Online dan Pasar Offline, di mana para pembeli boleh datang ke situs  PAPUAmart.com untuk berbelanja secara Online atau juga datang ke toko Offline PAPUAmart untuk berbelanja barang kebutuhan pokok, atau juga dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan secara Online di toko offline PAPUAmart.

Sedangkan BANANALeafCafe.biz dimaksudkan untuk melancarkan penjualan Kopi Papua untuk Masyarakat di mana saja berada, pertama-tama di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, dan akan disusul di kota-kota lainnya di Tanah Papua.

Baik BANANALeafCafe.biz maupun  PAPUAmart.com berkantor pusat di Luar Tanah Papua, yaitu di Kota Gudeng Yogyakarta. Keduanya bermarkas pusat di Jl. Bedreg No. 39, RT/RW: 08/41, Sambilegi, Maguwoharjo, Depok 55282, Sleman, D.I.  Yogyakarta.

Sebagai Kakak Beradik, keduanya akan selalu bergandengan tangan. Sebagai suami-isteri, keduanya tidak akan bercerai. Bagaikan siang dan malam, Kopi Papua akan hadir dalam bentuk siap olah di PAPUAmart.com dan dalam bentuk siap saji di Banana Leaf Cafe.

Semoga Tuhan merestui pertemuan dan persatuan ini. Semoga semua kita mendukung upaya membangkitan bisnis orang Papua di Tanah Papua. Semoga!, ya Semoga Tuhan memberkati kita semua.


Keluarga Besar KSU Baliem Arabica Berduka Cita Sedalam-Dalamnya Meinggalnya Wakli Bupati Jayapura

Dengan telah dipanggilnya  Bpk. Robert Djoenso, SH, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura pada tanggal 17 Juli 2015, maka dengan ini, kami seluruh Pengurus dan Anggota Koperasi Baliem Arabica (KSU Baliem Arabica) dengan ini menyatakan

BERBELASUNGKAWA dan BERDUKACITA DEDALAM-DALAMNYA

Wakil Bupati Jayapura, Drs. Rotherth Djonsoe

Kami menyampaikan doa kepada Tuhan kiranya apa yang telah beliau lakukan selama hidupnya buat KSU Baliem Arabica dan anggota Koperasi menjadi upah yang besar di dalam surga karena almarhum telah melakukan ini bagi umat Tuhan yang terhina di tanah leluhurnya sendiri, di Tanah Papua.

KSU Baliem Arabica.ciom yang selama ini didampingi langsung oleh Alm. Wakil Bupati Jayapura sangat berduka, tidak punya kata-kata atau reaksi yang dapat kami ungkapkan selain terpukul dan terpukul. Kalau seandainya saja Bapak Wakil Bupati masih hidup, nasih semua usaha KSU Bailem Arabica di Kota Jayapura tidak seperti ini. Bantua dan bimbingan langsung telah lenyap dan kini kami tinggak berusaha membangun bisnis Kopi Papua sebagai anak yatim piatu, sambil bertanya kepada Tuhan,
 "Mengapa Tuhan terlalu tega memanggil Bapak dan Pembina kami sehingga kami harus menjadi yatim piatu di era yang penuh tantangan dan rintantan ini? Kalau seandainya Tuhan membiarkan dia setahun saja, kami pasti akan memaklukmi keputusan-Mu! Tetapi ini terlalu awal bagi kami, TUHAN!

TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" (Ayub 1:21).

Friday, 10 July 2015

Kebijakan Baru Produksi dan Penjualan Papua Arabica Specialty Coffee

Ketua KSU Baliem Arabica,
Rev. Selion Kaorba, S.Th.
Gudang Produksi Baliem Blue Coffee di Kampung Harapan, Belakang SPMA Sentani saat ini sudah sedang memproses Kopi Green Beans hasil panen pertama tahun 2015 sebanyak 2 ton (2000 kg), dan akan segera disusul dengan 4 ton (4000 kg) sampai mencapai 10-30 kg sesuai target pembelian dan penjualan tahun 2015 ini.

Untuk tahun 2015 ini KSU BaliemArabica mengambil kebijakan revolusioner seirama dengan Revolusi Bisnis Kopi yang sedang digalakkan di seluruh petani dan areal penanaman Kopi di Pegunungan Tengah Papua,
  1. Pertama, untuk tahun ini kopi tidak akan di-export ke mana-mana, karena permintaan lokal dan domestik begitu tinggi;
  2. Kedua, untuk processing telah diserahkan sepenuhnya secara administrasi dan menejemen keuangan kepada seorang Kepala Gudang BBCoffee di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura;
  3. Ketiga, penjualan semua hasil produksi Koperasi Baliem Arabica yang diproses di Gudang BBCoffee kampung harapan didistribusikan dan dijual oleh PAPUAmart.com, toko Offline yang saat ini berkantor pusat di Yogyakarta dan kantor pertama di Tanah Papua di Jalan Raya Sentani, HAWAI No.05, Sentani Kota, Kab. Jayapura, Papua.
Kepala Gudang Produksi
Baliem Blue Coffee dan Staff Gudang
Dengan kebijakan ini, maka dalam jangka menengah ini Kopi Papua kini mengarah kepada penjualan Kopi Papua dalam bentuk Bubuk Jadi dan Gorengan Jadi, dan penjualan dalam bentuk Green Beans hanya dibatasi buat para pelanggan lama yang selama ini sudah rutin membeli Kopi Papua dalam jumlah yang memadai.

Para pelanggan lama ini akan dimintakan untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang menjelaskan total Kopi Papua yang dibutuhkan para pelanggan setiap tahun sehingga ada patokan produksi dan penjualan dalam bentuk Green Beans yang tetap mengingat sisah penjualan Green Beans semuanya akan diarahkan untuk diproses menjadi Kopi Sangrai (Gorengan) atau Roasted Beans dan Kopi Bubuk Baliem Blue Coffee.

Tuesday, 7 July 2015

PAPUAMart.com Lakukan Proses Jual-Beli Awal Tanggal 07 Juli 2015

Toko Offline PAPUAmart.com, menyusul Toko Online PAPUAmart.com yang telah berdiri sejak tahun 2013, kini mulai beroperasi melakukan proses jual beli sejak tanggal 07 Juli 2015.

Sebuah peristiwa menarik terjadi pada hari pertama mulai belanja hari ini, bahwa pertama-tama wakil dari Petani Kopi Baliem Arabica Wamena (suku Lani) melakukan pembelian, lalu disusul oleh wakil dari Suku Muyu menjadi pembeli kedua. Setelah itu disusul oleh pembeli lainnya.

Para pembeli pertama memilih air minum Aqua botol sebagai belanjaan favorit dan kemudian mereka juga membeli kopi produksi mereka sendiri, yaitu Bubuk Baliem Blue Coffee.

Proses jual-beli pada hari ini dituntun oleh para tutor dari eSEMKAmart, yang berlokasi di Kotaraja Dalam, Kotaraja, Abepura.

Pada saat ini juga disertai oleh Mentor, Pak Fajar, dan disaksikan oleh Ketua Koperasi Baliem Arabica, Selion Karoba.

Setelah proses jual-beli ini terjadi percakapan panjang-lebar di antara para pengurus dan para pengunjung serta para pembelanja pertama, seputar harapan ke depan dari PAPUAmart.com dan apa yang harus dilakukan oleh PAPUAmart.com dalam rangka melayani para konsumen, yang berasal dari berbagai tempat di seluruh dunia.

Mengingat PAPUAmart.com mengusung konsep minimarket 24 Jam pertama di Tanah Papua, sekaligus mengedepankan kearifan lokal dengan sudut pelayanan "Specialty Products Corner" dalam tokonya, maka PAPUAmart.com diharapkan benar-benar merangkul kearifan lokal pertama-tama dengan melihatkan Masyarakat setempat, suku setempat sebagai karyawan, dan kedua dengan menjual-belikan produk khas dari daerah setempat, yang dalam hal ini ialah Ikan Gabus, Pinang, Sagu, dan Buah Matoa dalam berbagai bentuk dan olahan.


Untuk berbelanja, bertanya atau apa saja, silahkan hubungi: 


  • Telepon: 0967-592677
  • SMS: 081286101000
  • Email: papuamart@gmail.com

Wednesday, 1 July 2015

PapuaMart.com Mulai Beroperasi per 1 Juli 2015

Berbagai hal terjadi di Tanah Papua. Berbagai perayaan juga dilakukan. Yang paling banyak diberitakan di Tanah Papua ialah "Perayaan HUT OPM" dan "Perayaan HUT Bhayangkara". Kedua perayaan ini selalu diberitakan di meida lokal di Tanah Papua.

Peristiwa penting di Tanah Papua bukan hanya HUT Bhayangkara dan HUT OPM, ada peristiwa lain yang telah terjadi pada tanggal ini, yaitu secara resmi PAPUAmart.com beroperasi, di mana proses display dan jual-beli mulai dirintasi pada tanggal ini.

Pembukaan hari ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Soft Launching, kemudian disusul lagi setelah beberapa hari atau bulan dengan Grand Opening.

Setidaknya dalam suasana yang begitu sunyi di Kota Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, di Sentani Kota ini, telah hadir sebuah minimarket 24 Jam pertama, milik putra-putri Papua Asli, yaitu segenap Anggota Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica berkantor pusat di Wamena Kota, Kabupaten Jayawijaya.

Dengan soft opening ini, maka diharapkan di minggu depan sudah bisa melayani siapa saja untuk berbelanja di minimarket PAPUAmart.com yang menganut konsep bukan sebagai toko mini, tetapi seabgai Pasar Mini.

Sebuah Mini Market atau Pasar Mini, di mana kami mengizinkan siapa saja yang ada di sekitar Sentani dan Jayapura, khususnya penduduk Tanah Tabi dan Tanah Sentani untuk datang berbelanja, menjual dan membeli produk di sini.

Dengan peluncuran Pasar Mini ini, maka para penduduk setempat (Sentani) dapat menjual produk spesialti mereka seperti sagu, matoa, pinang, ikan gabus, dan sekaligus dapat membeli produk dari luar yang disediakan PAPUAmart.com.

PAPUAmart.com sebagai sebuah cabang usaha dri KSU Baliem Arabica bertugas utama menjual produk Tanah Papua yang telah diproduksi Koperasi Baliem Arabica ataupun yang diproduksi oleh orang Asli Papua di Tanah Papua. Selain menjual,  PAPUAmart.com membeli produk lokal dimaksud untuk dijual kepada pembeli dari dalam maupun luar Tanah Papua.

Tanggal 1 Juli 2015 menjadi tanggal bersejarah bagi segenap Anggota Koperasi Baliem Arabica secara khusus dan secara umum Masyarakat Asli Tanah Papua karena minimarket ini merupakan minimarket milik Orang Asli Papua, yang pertama-tama menerapkan sistem belanja 24 jam dan juga dengan bermodalkan 100% dari saku Orang Asli Papua sendiri.

Untuk berbelanja, bertanya atau apa saja, silahkan hubungi: 


  • Telepon: 0967-592677
  • SMS: 081286101000
  • Email: papuamart@gmail.com