Sunday, 31 May 2015

Jhon Kwano: Kami Tidak Sama dengan Semua Minimarket di Seluruh Dunia

"Kami berani nyatakan PAPUAmart.com tidak sama dengan minimarket lainnya di seluruh dunia, karena saya sudah keliling ke beberapa negara di Asia dan Australia dan menemukan dengan mata sendiri bahwa konsep penjualan PAPUAmart.com tidak sama dengan konsep minimarket lainnya di seluruh dunia.",

 demikian kata Kwano saat berdiskusi di Perkantoran 1 Atap PAPUAmart group, Jalan Abepura - Sentani, Hawai, Sentani.

Kwano bukan tidak beralasan. Ia mengatakan, alasan paling jelas, dari beberapa alasan lain yang saat ini tidak perlu saya jelaskan satu per satu ialah bahwa kami satu-satunya minimarket di seluruh dunia yang mengedepankan sebuah "Specialty Products Corner" atau sudut produk spesialti, yaitu sudut tempat orang dapat berbelanja produk lokal yang khas, bernilai budaya dan ekonomi bagi daerah di mana PAPUAmart.com berdiri.

Kwano melanjutkan,

Silahkan ke seluruh minimarket di seluruh dunia. Mereka semua berorientasi memperdagangkan produk yang cepat dapat didapat dan dibeli dan juga dapat dilayani dengan cepat oleh karyawan yang bergerak cepat dan ramah. Tetapi mereka tidak punya konsep penjualn produk unggulan daerah di mana mereka membuka minimarket. Contohnya saat kami kembangkan PAPUAmart.com di Jogjakarta, maka kami siap menggangdeng produk Gudeg Kaleng dan Batik Jogja sebagai produk spesialti. Sekarang kami barusan mau buka di Sentani, berarti produk spesialtinya ialah pinang, sagu, dan Ikan Gabus Produk spesialti ini-lah yang menjadi promosi kami. Termasuk Kopi Papua sebagai produk unggulan Tanah Papua yang sudah diekspor oleh pengusaha Orang Asli Papua, maka kami tempatkan di sudut spesialti.
Sebagai perintis dan sekaligus investor yang mendedikasikan dirinya dan segala kemampuannya bekerja-sama dengan Koperasi Baliem Arabica membangun PAPUAmart.com di Jogjakarta dan kini di Sentani, Jhon Kwano menyatakan selain penekanan kepada "Produk Spesialti", kami juga menjadi Pasar Barter Produk Spesialti dimaksud.

Kata Kwano,

Pasar Barter Produk Spesialti artinya produk-produk yang kami jual, yang masuk katergori spesialti dapat di-barter di PAPUAmart.com, yaitu dapat ditukar-belikan atau ditukar-jualkan. Contohnya orang Sentani dipersilahkan datang ke PAPUAmart.com Sentani menukarkan ikan gabus seharga Rp.1.00.000,- (Seratusribu) dengan sabun dan odol yang total harganya sama, yaitu Rp.100.000,- Jadi kami mempromosikan cara berdagang tradisional juga sekaligus produk lokal yang khas.
Dengan nada yang bangga, sementara menyaksikan pengecatan tembok PAPUAmart.com di Jalan Abepura - Sentani, Hawai, Sentani, Kwano terlihat bangga dengan warna yang dipilihnya juga, yaitu Kuning-Hijau Keemasan, Hitam, Merah dan warna hitam dan putih sebagai penerang dan penggelap.

Friday, 22 May 2015

PAPUAmart.com telah diberi tugas sepenuhnya Mendistribusikan dan Menjual Kopi Papua

Logo Minimarket PAPUAmart.com bertuliskan KK-Lingkar
Setelah tiga (3) tahun didirikan di Kota Gudeg Yogyakarta pada Juli 2013, kini PAPUAmart.com diberi tanggungjawab sepenuhnya untuk menjadi distributor dan perpanjangan tangan KSU Baliem Arabica dalam menjual Kopi dari Tanah Papua.

Produk Kopi Papua pertama yang selama ini dijual ialah Wamena Arabica Single Origin.

Dalam rencana jangka menengah, semua Kopi Single Origins asal Papua akan diberi label yang jelas demi pengembangan citarasa kopi Tanah Papua secara komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing dan nilai jual.

Dalam pada itu, direncanakan juga Single Origins Kopi Papua akan mencakup keseluruhan Kopi yang ada di Tanah Papua, yaitu dari Sorong sampai Samarai, dan akan disuplai oleh PAPUAmart.com secara regional dalam rangka memperkenalkan Kopi Papua secara utuh kepada penikmat kopi di Indonesia, di Asia Tenggara dan di Asia pada umumnya.

Untuk tujuan itulah, kini KSU Baliem Arabica memfokuskan diri lebih kepada pengembangan kopi di lapangan, pengolahan produk Green Beans dan produk Kopi Bubuk untuk konsumsi di Tanah Papua dan menyerahkan keseluruhan penjualan Kopi Papua kepada PAPUAmart.com.

Pengecualian ialah bahwa export Kopi Papua tetap dilakukan oleh KSU Baliem Arabica sebagai pemegang lisensi Export dan sebagai Anggota Exportir Kopi Indonesia (AEKI) dari Tanah Papua.

Thursday, 21 May 2015

Kopi Papua Kian Mendunia

Sumber Berita: SriwijayaPost.com, Kamis, 21 Mei 2015 10:35


Kopi Papua Produk KSU Baliem Arabica, papuamart.com
SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kopi dari tanah Papua kian populer. Bahkan rasanya telah dicicip sampai Amerika Serikat (AS) selama tujuh tahun. Kopi Arabica dari Wamena menjadi salah satu kopi favorit pada tiga negara.

Kabupaten Wamena, Provinsi Papua rupanya memiliki kualitas tinggi untuk jenis Kopi Arabica. Petani kopi di Papua menanam kopi secara organik. Cita rasa yang khas diuntungkan karena tumbuh di daerah Pegunungan Jayawijaya Wamena dengan ketinggian hingga 1.600 meter di atas permukaan laut. Sehingga, rasanya tidak terlalu asam saat diseruput.

Rasa inilah yang membuat empat negara yakni: Amerika Serikat bahkan telah mengimpor kopi dari Papua selama tujuh tahun belakangan. Lalu, Australia, Singapura dan Belanda secara rutin setiap tahun khusus mendatangkan kopi asal Papua ini.

Yusni Emilia Harahap, Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian mengatakan, pasar internasional akan semakin terbuka dengan produk pertanian berbasis organik dan ramah lingkungan. Itu sebabnya, pemerintah mendorong agar petani untuk menerapakan prinsip pertanian yang baik. "Memang ongkosnya lebih mahal. Namun pasar akan lebih berkelanjutan (sustain) dan pasti," tandas Emilia.

Meski begitu, Emilia menyadari bahwa petani kopi masih kekurangan untuk mesin pengolahan kopi. Serta bantuan penguatan modal. Di samping juga informasi harga pasaran kopi domestik dan luar negeri. Gunanya, menjaga kestabilan harga di pasaran serta juga untuk lebih meningkatkan mutu kopi olahan yang dihasilkan.

Konsumsi kopi asal Indonesia terus meningkat di pasar Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data statistik dari U.S Department of Commerce, Bureau of Census, impor kopi AS dari Indonesia pada periode Januari-Desember 2014 sebesar US$ 323,10 juta dollar naik sebesar 11,29% dibandingkan periode yang sama tahun 2013.

Indonesia berada di peringkat ke 6 sebagai negara sumber impor kopi AS dengan pangsa pasar sebesar 5,49%. Posisi Indonesia berada di bawah Brasil, Kolombia, Vietnam, Kanada, dan Guatemala. Sementara impor kopi AS dari dunia untuk periode Januari hingga Desember 2014 sebesar US$ 5,88 miliar naik 10,46% dibandingkan periode yang sama tahun 2013.
Editor: Bedjo
Sumber: Kontan

Wednesday, 20 May 2015

Wi-Fi Gratis PAPUAmart telah terpasang per tanggal 21 Mei 2015 di Sentani, Jayapura, Papua

Tepatnya di Jl. Raya Sentani - Abepura, Hawai, No. 05 Sentani Kota, Kabupaten Jayapura 99352, Provinsi Papua, telah terpasang Wi-Fi dengan kapasitas memadai untuk diakses secara gratis oleh siapapun yang datang.

Petugas telkom sedang memasang Wi-Fi di PAPUAmart.com

Wifi yang telah terpasang di PAPUAmart.com, Hawai, Sentani, Jayapura, Papua
Free Wi-Fi ini disediakan oleh PAPUAmart.com yang merupakan perusahaan distribusi Kopi produk KSU Baliem Arabica yang didirikan pada tahun 2013 di Kota Studi Yogyakarta dan kini pada usianya yang ke-3 tahun menginjakkan kakinya di Tanah Leluhur Papua, secara khsusu di Kota Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura dengan produk yang akan diluncurkan di kemudian hari.

Pada hari ini, 20 Mei 2015 telah dipasang Wi-Fi internet yang tersedia secara gratis dan diperuntukkan bagi konsumen maupun siapa saja yang hadir di wilayah PAPUAmart.com dengan alamat di atas.

Menurut pengurus yang bertugas mengawasi pemasangan Wi-Fi, bahwa fasilitas dimaksud disediakan karena PAPUAmart.com menganut prinsip sebagai pasasr Online, Pasar Offline dan Pasar Barter. Di mana di PAPUAmart.com siapa saja boleh datang berbelanja secarea Online dan secaera Offline, artinya beli barang yang tidak ada di tempat di Sentani, tetapi membeli produk yang ada di seluruh dunia menggunakan fasilitas Internet dan situs web yang sudah difasilitasi oleh PAPUAmart.com.

Dalam waktu yang sama PAPUAmart.com juga menyediakan produk lokal dari Tanah Papua, seperti gelang, nonek, papeda/ sagu, dan pinang sehingga siapa aja boleh datang membeli ataupun menjual produk lokal dari Tanah Papua, baik kepada konsumen lokal secara offline maupun kepada konsumen di manapun Anda berada secara global.

Dengan demikian layanan PAPUAmart.com dari Kantor Pusat di Yogyakarta ataupun dari Kantor pertama di Tanah Papua, Sentnai akan melayani pemesanan yang dilakukan secara Onlne maupun Offline.

Menurut pengawas tadi, "Untuk tujuan kami, pemasangat Wifi ini sangat vital, karena kami adalah Toko Online pertama dan utama saat ini, yang terutama menjual produk Kopi dan Buah Merah dari Tanah Papua"




Monday, 4 May 2015

Sekedar Riwayat Toko Online PAPUAmart.com

Jhon Yonathan Kwano sebagai pencetus dan pemilik Toko Online PAPUAmart.com bertutur bahwa sebenarnya PAPUAmart.com pada awalnya hanya dimaksudkan sebagai sebuah Toko Online yang melayani penjualan produk Kopi dari KSU Baliem Arabica.

Sejak dibuka tahun 2013, PAPUAmart.com sebagai toko Online memasarkan produk Kopi dari KSU Baliem Arabica dan pada awalnya masih banyak yang tidak percaya kalau website ini memang betul-betul milik orang Papua. Banyak orang telepon langsung untuk mendengarkan suara. Banyak juga kirim sms dan email untuk mendapatkan konfirmasi. Tidak sedikit juga yang mau datang langsung ke alamat kami di Jl. Bedreg, Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. "Kami terima semua, kami jawab semua", kata Kwano.

Lama-lama, pada tahun 2014 baru muncul pemikiran untuk harus menjual produk selain Kopi juga. Ada pengunjung yang pernah datang ke tempat semunya menyarankan agar PAPUAmart.com menjual produk dari Tanah Papua pada umumnya, bukan hanya kopi. Kwano bercerita,

"Ada satu orang yang datang, duduk, bercakap hampir satu jam, Dia bilang saya. Dek, kalau mau jadi icon produk Tanah Papua, sekalian aja, banting sekalian, jangan setengah-setengah, jangan separuh-separuh. Ini PAPUAmart.com wong jelas icon penjualan produk Papua. Sekalian turunin semuanya."
Sampai di sini saya-pun masih belum punya bayangan apakah saran menarik ini bisa terwujud.

Berselang beberapa bulan, saran itu semakin nyaring berteriak.

Akhirnya diputuskan agar PAPUAmart.com juga menjual Minyak Buah Merah, Pinang, Batik Papua. Tetapi suatu waktu ada orang Jawa masuk dan katakan begini,

"Mas, kalau Noken sama gelang boleng mas jualan di sini. Kalau Batik jangan dulu, karena di sini Markas Besarnya Batik, jadi saingannya berat Mas."

Saran ini juga bermanfaat. Lalu pada akhirnya Jhon Kwano bermimpi menjadikan PAPUAmart.com sebagai Toko Online, Toko Offline dan Toko Barter pada saat bersamaan.

Bagaimana konsepnya? Silahkan simak di PAPUAmart.com/about.html

PAPUAmart.com, konsep minimarket 24 Jam Pertama di Tanah Papua

Konsep minimarket sudah banyak di Tanah Papua. Konsep penjualan 24 jam juga sudah banyak di Tanah Papua. Akan tetapi konsep minimarket 24 di Tanah Papua barangkali untuk pertama kali dihadirkan oleh PAPUAmart.com, sebuah layanan distribusi produksi yang dipersembahkan kepada masyarakat Papua secara khusus dan masyarakat Melanesia dan Indonesia pada umumnya oleh Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica lewat PT Papua Obam Mandiri.

Dengan mengedepankan pelayanan prima, maka salah satu wujud pelayanan prima ialah memberikan akses kepada masyraakat Papua untuk berbelanja apa saja yang mereka butuhkan selama 24 jam. Menurut Jhon Kwano, konseptor PAPUAmart.com layanan 24 bukan barang baru dalam dunia minimarket. Akan tetapi realitas minimarket di Tanah Papua yang melayani 24 jam belum ada. Itu sebabnya kami melangkah untuk mewujudkan konsep minimarket 24 Jam pertama di Tanah Papua.

Minimarket 24 Jam sudah banyak ada di pulau Sulawesi, Bali, Jawa, Sumatera, tetapi Tanah Papua masih sunyi di malam hari. Menurut Kwano, "Saya sebagai orang Papua bertanggungjawab mewujudkan keinginan masyarakat Papua untuk berbelanja tanpa dibatasi waktu."

Masih menurut Kwano lagi, "Akan tetapi kami sebagai orang Papua asli harus tunduk kepada perintah Gubernur Provinsi Papua berdasarkan realitas kondisi sosial di Tanah Papua bahwa pada Hari Minggu Pagi hingga Petang PAPUAmart.com direncanakan ditutup. PAPUAmart.com hanya dibuka pada pukul 01.00 pagi, atau Hari Senini dinihari setiap minggunya.

Saturday, 2 May 2015

PAPUAmart.com tempat makan, tempat minum dan tempat berjual-beli pada satu tempat di waktu yang sama

Ya, benar, demikian kata Jhon Kwano, konseptor Minimarket milik orang Papua pertama dalam sejarah entrepreneurship di Tanah Papua: "PAPUAmart.com tempat makan, tempat minum dan tempat berjual-beli pada satu tempat di waktu yang sama"

Kami bermaksud menyediakan sebuah tempat yang "nyaman" bagi orang Papua untuk datang, untuk bercengkerama, untuk membeli kebutuhan pokok dan kebutuhan dasar, dan untuk melepaskan lelah sekaligus. Betapa tidak, kami menganut konsep berbisnis lokalis dan globalis, menghadirkan barang-barang dari seluruh dunia ke "ujung-jari" (fingertips) Anda.

Anda bias minum kopi, duduk dengarkan musik Papua, menikmati makanan dan minuman ala Papua, dan sekaligus mendengarkan Bahasa Papua digunakan secara terbuka dalam pelayanan.

Ini memang impian yang sangat muluk-muluk, tetapi seperti kata Master saya, Grandmaster Mantak Chia, segala sesuatu yang ada di alam nyata ini merupakan pantulan dari realitas di alam tak kasak mata. Segala sesuatu yang tidak ada dapat diwujudkan menjadi ada. Itulah yang disebutnya FROM VISUALISATION INTO ACTUALISATION.

Kita bukan bermimpi siang bolong, tetapi kita bermimpin di pagi buta, dan ketika matahari terbit, mimpi itu bukannya lenyap, tetapi mejadi bagian dari awal hari kita di pagi hingga mentari terbenam.

Friday, 1 May 2015

PAPUA mart menjajaki kemungkinan membuka Minimarket di Tanah Papua

Tepat tanggal 1 Mei 2015, PAPUAmart.com yang selama ini beroperasi sebagai sebuah Toko Online produk Papua dan berbasis di Kota Studi Yogyakarta sejak tahun 2013, kini menjajaki kemungkinan membuka sebuah minimarket di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Menurut perintis dan konseptor pertokoan minimarket PAPUAmart.com, Jhon Yonathan Kwano, PAPUAmart.com akan mengadopsi konsep pemasaran minimarket ternama dari Jepang, yaitu minimarket 7Eleven.

Kesamaannya ialah bahwa PAPUAmart.com lewat Minimarket berlogo KKLingkar memasarkan segala kebutuhan dasar sehari-hari, dengna fokus kepada makanan dan minuman, di mana satu sudut khusus disediakan untuk pembelian Kopi Papua.

Minimarket 7Eleven hadir di Indonesia dengan konsep Cafe dan Minimarket secara bersamaan.

PAPUAmart.com dan Banana Leaf Cafe  secara bersamaan hadir dalam satu paket untuk memberikan yang terbaik bagi Masyarakat Papua.

Kami mohon dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan penjajakan ini.


Jhon Kwano