Saturday, 14 November 2015

Penyesuaian Harga Lampu dan Charger Solar Terkait Perubahan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar



Daftar Harga barang setelah penyesuaian
Kami beritahukan kepada seluruh konsumen di seluruh Tanah Papua, bahwa terkait dengan perubahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, maka telah terjadi penyesuaian harga dari semua produk yang dijual oleh Light 4 All Indoensia.

Pada tanggal 14 November 2014 kami lakukan pembelian sesuai pesanan dari Wamena dan dalam pada itu diberitahukan perubahan harga yang telah terjadi.

Daftar Harga untuk End-Users
Walaupun ada niat luhur dan mulia untuk membantu masyarakat kita di kampung, pelosok dan hutan utnuk memiliki perangkat keras yang bisa membantu kita memiliki lampu dan senter di malam hari, dan bisa menge-charge battery dari Hand Phone semua jenis yang ada di dunia ini, kami harus akui bahwa niat baik itu tidak dikenal oleh pasar. Yang pasar kenal ialah rumus "supply and demand" dan pada saat itu terjadi harga juga ikut mengalami naik turun. Selain supply and demand, biaya produksi sering menjadi sumber penyebab perubahan harga. Tidak hanya itu, karena perdagangan yang terjadi sekarang sudah antar-negara, maka perubahan harga juga sering dipicu oleh perubahan nilai tukar lokal terhadap dolar Amerika Serikat.

Selain penyesuaian harga karena tiga alasan di atas, perubahan harga juga sering terjadi seiring perubahan seri produk dari model yang sama. Kita semua tahu bahwa setiap produk yang ada di dunia saat ini pasti berubah seri-nya setiap 1.5 tahun atau setiap 18 bulan. Kalau tidak ada perubahan maka dianggap sebagai sebuah produk yang sakit, yang bakalan masuk opname. Produk yang sehat selalu berubah seri bahkan model setiap 28 bulan. Kita sering mendegar penjual produk mengatakan "Model itu sudah tidak diproduksi lagi! Ini model barunya, tapi lebih mahal dikit!"

Daftar Harga barang setelah penyesuaian
dengan gambar produknya

Hal ini terjadi terhadap produk yang paling disukai oleh para pembeli di Wamena pada umumnya, yaitu d.Light300. Akan tetapi pembeli di Wamena masih mengharapkan produk d.Light300 dimaksud hadir, walaupun sudah terjadi modifikasi model and perubahan harga.

Produk Light 4 All Indonesia dijual dengan harga yang telah dipatok oleh Light for All Indonesia, tidak ada perubahan harga yang dapat dilakukan oleh PAPUAmart.com, demikian yang disebutkan dalam Kontrak Karya antara kedua belah pihak yang telah berlangsung 2 September 2015 lalu.

Diharapkan dengan praktek pematokan harga seperti ini tidak merugikan pembeli, dan juga tidak membangkrutkan PAPUAmart.com sebagai penjual produk kepada "end-users".

No comments:

Post a Comment