Friday, 10 July 2015

Kebijakan Baru Produksi dan Penjualan Papua Arabica Specialty Coffee

Ketua KSU Baliem Arabica,
Rev. Selion Kaorba, S.Th.
Gudang Produksi Baliem Blue Coffee di Kampung Harapan, Belakang SPMA Sentani saat ini sudah sedang memproses Kopi Green Beans hasil panen pertama tahun 2015 sebanyak 2 ton (2000 kg), dan akan segera disusul dengan 4 ton (4000 kg) sampai mencapai 10-30 kg sesuai target pembelian dan penjualan tahun 2015 ini.

Untuk tahun 2015 ini KSU BaliemArabica mengambil kebijakan revolusioner seirama dengan Revolusi Bisnis Kopi yang sedang digalakkan di seluruh petani dan areal penanaman Kopi di Pegunungan Tengah Papua,
  1. Pertama, untuk tahun ini kopi tidak akan di-export ke mana-mana, karena permintaan lokal dan domestik begitu tinggi;
  2. Kedua, untuk processing telah diserahkan sepenuhnya secara administrasi dan menejemen keuangan kepada seorang Kepala Gudang BBCoffee di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura;
  3. Ketiga, penjualan semua hasil produksi Koperasi Baliem Arabica yang diproses di Gudang BBCoffee kampung harapan didistribusikan dan dijual oleh PAPUAmart.com, toko Offline yang saat ini berkantor pusat di Yogyakarta dan kantor pertama di Tanah Papua di Jalan Raya Sentani, HAWAI No.05, Sentani Kota, Kab. Jayapura, Papua.
Kepala Gudang Produksi
Baliem Blue Coffee dan Staff Gudang
Dengan kebijakan ini, maka dalam jangka menengah ini Kopi Papua kini mengarah kepada penjualan Kopi Papua dalam bentuk Bubuk Jadi dan Gorengan Jadi, dan penjualan dalam bentuk Green Beans hanya dibatasi buat para pelanggan lama yang selama ini sudah rutin membeli Kopi Papua dalam jumlah yang memadai.

Para pelanggan lama ini akan dimintakan untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang menjelaskan total Kopi Papua yang dibutuhkan para pelanggan setiap tahun sehingga ada patokan produksi dan penjualan dalam bentuk Green Beans yang tetap mengingat sisah penjualan Green Beans semuanya akan diarahkan untuk diproses menjadi Kopi Sangrai (Gorengan) atau Roasted Beans dan Kopi Bubuk Baliem Blue Coffee.

No comments:

Post a Comment