Monday, 4 May 2015

Sekedar Riwayat Toko Online PAPUAmart.com

Jhon Yonathan Kwano sebagai pencetus dan pemilik Toko Online PAPUAmart.com bertutur bahwa sebenarnya PAPUAmart.com pada awalnya hanya dimaksudkan sebagai sebuah Toko Online yang melayani penjualan produk Kopi dari KSU Baliem Arabica.

Sejak dibuka tahun 2013, PAPUAmart.com sebagai toko Online memasarkan produk Kopi dari KSU Baliem Arabica dan pada awalnya masih banyak yang tidak percaya kalau website ini memang betul-betul milik orang Papua. Banyak orang telepon langsung untuk mendengarkan suara. Banyak juga kirim sms dan email untuk mendapatkan konfirmasi. Tidak sedikit juga yang mau datang langsung ke alamat kami di Jl. Bedreg, Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. "Kami terima semua, kami jawab semua", kata Kwano.

Lama-lama, pada tahun 2014 baru muncul pemikiran untuk harus menjual produk selain Kopi juga. Ada pengunjung yang pernah datang ke tempat semunya menyarankan agar PAPUAmart.com menjual produk dari Tanah Papua pada umumnya, bukan hanya kopi. Kwano bercerita,

"Ada satu orang yang datang, duduk, bercakap hampir satu jam, Dia bilang saya. Dek, kalau mau jadi icon produk Tanah Papua, sekalian aja, banting sekalian, jangan setengah-setengah, jangan separuh-separuh. Ini PAPUAmart.com wong jelas icon penjualan produk Papua. Sekalian turunin semuanya."
Sampai di sini saya-pun masih belum punya bayangan apakah saran menarik ini bisa terwujud.

Berselang beberapa bulan, saran itu semakin nyaring berteriak.

Akhirnya diputuskan agar PAPUAmart.com juga menjual Minyak Buah Merah, Pinang, Batik Papua. Tetapi suatu waktu ada orang Jawa masuk dan katakan begini,

"Mas, kalau Noken sama gelang boleng mas jualan di sini. Kalau Batik jangan dulu, karena di sini Markas Besarnya Batik, jadi saingannya berat Mas."

Saran ini juga bermanfaat. Lalu pada akhirnya Jhon Kwano bermimpi menjadikan PAPUAmart.com sebagai Toko Online, Toko Offline dan Toko Barter pada saat bersamaan.

Bagaimana konsepnya? Silahkan simak di PAPUAmart.com/about.html

No comments:

Post a Comment