Sunday, 31 May 2015

Jhon Kwano: Kami Tidak Sama dengan Semua Minimarket di Seluruh Dunia

"Kami berani nyatakan PAPUAmart.com tidak sama dengan minimarket lainnya di seluruh dunia, karena saya sudah keliling ke beberapa negara di Asia dan Australia dan menemukan dengan mata sendiri bahwa konsep penjualan PAPUAmart.com tidak sama dengan konsep minimarket lainnya di seluruh dunia.",

 demikian kata Kwano saat berdiskusi di Perkantoran 1 Atap PAPUAmart group, Jalan Abepura - Sentani, Hawai, Sentani.

Kwano bukan tidak beralasan. Ia mengatakan, alasan paling jelas, dari beberapa alasan lain yang saat ini tidak perlu saya jelaskan satu per satu ialah bahwa kami satu-satunya minimarket di seluruh dunia yang mengedepankan sebuah "Specialty Products Corner" atau sudut produk spesialti, yaitu sudut tempat orang dapat berbelanja produk lokal yang khas, bernilai budaya dan ekonomi bagi daerah di mana PAPUAmart.com berdiri.

Kwano melanjutkan,

Silahkan ke seluruh minimarket di seluruh dunia. Mereka semua berorientasi memperdagangkan produk yang cepat dapat didapat dan dibeli dan juga dapat dilayani dengan cepat oleh karyawan yang bergerak cepat dan ramah. Tetapi mereka tidak punya konsep penjualn produk unggulan daerah di mana mereka membuka minimarket. Contohnya saat kami kembangkan PAPUAmart.com di Jogjakarta, maka kami siap menggangdeng produk Gudeg Kaleng dan Batik Jogja sebagai produk spesialti. Sekarang kami barusan mau buka di Sentani, berarti produk spesialtinya ialah pinang, sagu, dan Ikan Gabus Produk spesialti ini-lah yang menjadi promosi kami. Termasuk Kopi Papua sebagai produk unggulan Tanah Papua yang sudah diekspor oleh pengusaha Orang Asli Papua, maka kami tempatkan di sudut spesialti.
Sebagai perintis dan sekaligus investor yang mendedikasikan dirinya dan segala kemampuannya bekerja-sama dengan Koperasi Baliem Arabica membangun PAPUAmart.com di Jogjakarta dan kini di Sentani, Jhon Kwano menyatakan selain penekanan kepada "Produk Spesialti", kami juga menjadi Pasar Barter Produk Spesialti dimaksud.

Kata Kwano,

Pasar Barter Produk Spesialti artinya produk-produk yang kami jual, yang masuk katergori spesialti dapat di-barter di PAPUAmart.com, yaitu dapat ditukar-belikan atau ditukar-jualkan. Contohnya orang Sentani dipersilahkan datang ke PAPUAmart.com Sentani menukarkan ikan gabus seharga Rp.1.00.000,- (Seratusribu) dengan sabun dan odol yang total harganya sama, yaitu Rp.100.000,- Jadi kami mempromosikan cara berdagang tradisional juga sekaligus produk lokal yang khas.
Dengan nada yang bangga, sementara menyaksikan pengecatan tembok PAPUAmart.com di Jalan Abepura - Sentani, Hawai, Sentani, Kwano terlihat bangga dengan warna yang dipilihnya juga, yaitu Kuning-Hijau Keemasan, Hitam, Merah dan warna hitam dan putih sebagai penerang dan penggelap.

No comments:

Post a Comment