Monday, 2 March 2015

SMKN 2 Kota Jayapura Resmikan eSeMKa Mart

eSeMKA mart Kotaraja, Jayapura, mitra usaha PAPUAmart.com
Jayapura, Jubi  Demi memberikan kemudahan dan peningkatan kompetensi siswa dalam hal bisnis, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 2 Jayapura, bertempat di lingkungan SMKN 2 Jayapura, Sabtu (28/2/2015) secara resmi, meresmikan eSeMKa mart berupa satu mini market untuk program keahlian pemasaran dan satu Tour and Travel untuk program keahlian usaha wisata perjalanan. Peresmian ini dilakukan oleh wali kota Jayapura melalui asisten satu setda Kota Jayapura.

Kepala sekolah SMK N 2, Elia Waromi di sela-sela peresmian eSeMKa Smart mengatakan, dunia kerja menuntut peningkatan skill siswa dan kompetensi sehingga mau tidak mau sekolah harus melihat hal yang terjadi di lapangan.

“Itu sebabnya pada hari ini kami resmikan dua kompetensi keahlian yaitu keahlian pemasaran dan perjalanan wisata,” kata Waromi.

Dijelaskan, edukasinya ada dan praktek lapangannya ada sehingga masyarakat umum langsung dilayani. Sehingga didik anak di sekolah dengan teori, lalu anak-anak sekolah bisa langsung mengaplikasikannya di tempat yang baru saja diresmikan ini.

“Operasionalnya akan dilakukan dari pukul 07. 00 pagi hingga pukul 23.00 malam dan kita usahakan supaya bisa dibuka hingga pukul 24.00 nantinya. Yang akan menjaga adalah siswa yang waktu kerjanya diplotkan dengan MMC grosir Jayapura. Mereka bekerja setengah hari di jam sekolah dan full di sore hari dengan melihat kondisi teori di kelas dan situasi di lapangan,” ungkapnya kepada wartawan di Kota Raja, Sabtu (28/2/2015)

Dikatakan, sebelumnya, siswa praktek di laboratorium khusus dilapangan sesuai dengan program keahlian masing-masing. Tetapi bedanya, kalau di dalam siswa berhadapan dengan guru dan siswa lain sehingga mental mereka terhadap dunia kerja sedikit tidak terdorong. Tapi kalau di luar seperti ini, mereka merasa termotivasi dan terdorong karena berhadapan langsung dengan masyarakat.
Kata dia, dengan launching eSeMKa mart ini kedepan, selama dua tahun ini siswa dapat menimba ilmu pemasaran lapangan yang benar oleh para guru maupun siswa.

“Sehingga kedepan menjadi begkel utama bagi siswa SMK dalam menambah pemanfaatan. Tetapi yang terpenting adalah bagaiman guru dan murid dapat belajar,” ujarnya.

Sementara itu, Nurjainudi Konu, asisten dua setda Kota Jayapura yang turut hadir mewakili Wali Kota Jayapura mengatakan, peresmian eSeMKa Smart ini merupakan satu hal yang sangat positif. Karena siswa harus bisa mengaplikasikan apa yang didapat di ruang kelas di sini.

“Kami berharap SMK lain juga dapat memuali sesuatu yang baru sesuai dengan jurusan dan program keahlian yang ada di sekolah masing-masing. Misalnya di SMKN 3 yang menonjol adalah teknik mesin. Dan setiap sekolah harus membuat siswa untuk mandiri dan sebisa mungkin aplikasikan ilmu yang didapat,” katanya. (Arnold Belau)

No comments:

Post a Comment