Sunday, 5 May 2013

Ada yg punya indomaret / alfamart / ada saudara yg punya indomaret / alfamart? Bisa dishare pengalamannya donk di sini ?


Saya lagi tertarik takeover indomaret-alfamart, dengar2 sekitar 700-800 juta. Barangkali ada yg bisa share pengalaman profit net (ke kantong kita bersih) per bulan berapa.
Dan takeover indomaret ada tips2nya apa tidak?

Update:

Tadi saya sudah mampir kantor indomaret, karena tertarik yang takeover, dijelaskan range biaya takeover 600-900juta dan BEP menurut pihak indomaret 40-sekian bulan.

Salah satu indomaret yg dekat lokasi saya juga habis di-takeover, saya lihat indomaret ramai, tetapi pemasukan (setelah dikurangi biaya operasional seperti listrik, gaji karyawan, dll) ke kantong owner (pengambil franchise) per bulan hanya Rp.17 juta dengan nilai takeover sekitar Rp.700 juta.

Kalau dihitung-hitung, anggap saja per bulan stabil Rp.17 juta dengan jangka kontrak franchise 5 tahun, berarti setelah 5 tahun pemasukan ke owner adalah Rp.17 juta x 60 bulan = Rp. 1,02 M.
Profit = Rp. 1,02 M - Rp. 700 jt = dibulatkan saja menjadi Rp. 300 juta.

Jadi kita dapat Rp. 300 juta untuk usaha selama 5 tahun (60 bulan). Sehingga kalau dirata-rata per bulannya net profit (sudah di luar pengembalian modal awal) adalah Rp. 300 juta : 60 bulan = rp. 5 juta per bulan.

Jadi dengan kata lain kesimpulannya (dengan contoh kasus di atas) modal Rp. 700 juta, profit Rp. 5 juta per bulan, atau Rp. 60 juta per tahun, yang berarti profit per tahun adalah 8% (kok lebih rendah dari inflasi ya haha).

Ini mungkin direkomendasikan untuk orang yangg kelebihan uang dan suka usaha yang pasif pasif saja (duduk diem tidur dapat duit).

Tapi saya yakin kalau orang yang aktif (seperti saya), pasti bisa dapat jauh dari 8%.

Kalau berdasar penjelasan indomaret memang sih kalau kita mau tidak perpanjang kontrak franchise, beberapa peralatan akan dibeli kembali oleh indomaret.

Tapi karena ada biaya penyusutan, menurut saya pribadi hasil dari "buyback" ini paling tidak ada Rp. 100 juta.

Dan lebih untung kalau buat indomaret dari awal (bukan takeover), karena BEP bisa lebih cepat (karena buka dari awal biayanya tidak sebanyak takeover), tapi ada unsur gambling karena kita tidak tahu bakal ramai / sepi hehe.

Note: Ini biaya takeover dan franchise selama 5 thn, saya tidak tahu 5th berikutnya biayanya seberapa banyak.